Rabu, 16 September 2015

Brimob Pemilik Pakaian Loreng Pertama di Indonesia

Pada tahun 1950-an, Kesatuan-kesatuan Mobile Brigade aktif mengatasi berbagai gejolak yang bercorak pemberontakan melawan pemerintah yang sah ataupun berupa gerombolan bersenjata di seluruh Indonesia. Komisaris Polisi Tingkat I Moehammad Jasin yang pada saat itu sebagai Panglima Korp Mobile Brigadir Indonesia giat melaksanakan pembenahan organisasi dan pembinaan keterampilan dan kemampuan kesatuan MB untuk mengatasi berbagai gerakan pengacau keamanan tersebut. 

Pada tahun 1953, Beliau mengirimkan kader MB untuk mengikuti pendidikan dan latihan “Rangers” di Filipina. Keputusan ini didasarkan pada pertimbangan bahwa para kader MB dapat belajar banyak dari keberhasilan pasukan Rangers Filipina dalam menumpas gerombolan bersenjata yang menamakan dirinya “Hukbalahap” di Negara itu. Karena berhasil mengatasi pemberontakan, metode ini dipandang ampuh dan patut dipelajari serta dijadikan pedoman untuk menanggulangi gerakan serupa di tanah air. 

Setelah mengikuti pelatihan di Filipina, pasukan Mobile Brigade melakukan satu latihan uji coba di pegunungan Cirebon yang rawan dengan gerombolan pengacau bersenjata. Satu regu pasukan MB dikirim dipimpin oleh Andi Abdulrachman, seorang kader MB yang telah mengikuti pendidikan dan latihan Rangers di Filipina. 

Pasukan tidak berseragam mulai bergerak pada siang hari untuk melakukan penyelidikan lokasi gerombolan dan tempat persembunyian pimpinannya. Setelah berhasil mengetahuinya, pada malam hari dilancarkan penyerbuan mendadak dan segera menghilang. Gerakan ini berfungsi sebagai perang urat saraf guna menciptakan kekalutan dan kebingungan di pihak gerombolan. Dalam gerakan ini, pasukan MB berhasil membunuh pimpinan gerombolan sehingga anak buahnya kocar-kacir dan masing-masing menyelamatkan diri. Dalam waktu singkat, daerah pegunungan Cirebon dinyatakan bersih dari gerakan pengacau bersenjata. 

Keberhasilan uji coba itu menggugah hati pihak kementerian keamanan sehingga Panglima MB, Moehammad Jasin diminta mendirikan pendidikan Ranger. Atas usul itu, didirikan satu pusat pendidikan dan latihan Rangers di Lido (Bogor). Di tempat ini, dibangun satu asrama yang diperuntukkan bagi kesatuan kader-kader MB alumni dan pelatihan Rangers di Filipina. 

Berdasarkan keterangan M. Jasin dalam buku berjudul Memoar Jasin sang Polisi Pejuang mengatakan bahwa "kesatuan yang lebih dikenal dengan sebutan Batalyon Rangers ini mengenakan seragam militer loreng dan menggunakan tanda-tanda pangkat lapangan yang lengkap.  Pasukan inilah yang pertama kali menggunakan pakaian militer loreng di Indonesia."

Pendidikan Rangers ini mendapat perhatian besar dari berbagai pihak, pihak sipil maupun pihak militer di Indonesia mengirimkan anggota pasukannya untuk mengikuti pendidikan dan latihan ini. 

Peningkatan jumlah anggota batalyon Rangers yang telah mengikuti pendidikan dan latihan membuat status Batalyon Rangers berubah menjadi Resimen Rangers. Kemudian Pada tahun 1959, Presiden Soekarno mengganti nama kesatuan ini menjadi Resimen Pelopor (Menpor). 

Alumni pendidikan dan latihan Ranger disalurkan ke batalyon-batalyon MB yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk itu, dibuka lagi satu pusat pendidikan dan latihan MB yang berintikan Rangers di Porong, Watukosek, Jawa Timur. Pembukaan pusat pendidikan dan latihan ini semakin memperkuat kesatuan-kesatuan MB dalam mengatasi dan menumpas setiap gerakan pengacau keamanan Negara. 

Namun, entah untuk kepentingan dan keputusan politik seperti apa sehingga Menpor resmi dibubarkan pada tahun 1972. Padahal pasukan elit Polri ini sudah banyak memberikan darma baktinya di berbagai tugas penting guna kelangsungan Negara Republik Indonesia, bahkan Menpor juga mempunyai andil besar dalam operasi Dwikora dan Trikora. 

Sebagian sejarah yang mengisahkan tentang sepak terjang Detasemen Pelopor mulai dari kelahiran hinggah dibubarkan ada ditulis dalam buku berjudul, “Resimen Pelopor, Pasukan Elit Yang Terlupakan”. Penulis belum mendapatkan buku ini dan semoga penulis dapat berkesempatan membaca tulisan dalam buku ini.


Sumber : 
Memoar Jasin Sang Polisi Pejuang 
Meluruskan Sejarah Kelahiran Polisi Indonesia 
Diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta, 2010

16 komentar:

  1. Semoga darma bakti menpor utk bangsa dan negara, senantiasa dikenang dan tercatat dlm sejarah, meskipun telah dibubarkan. Hormat kami utk para pejuang / pahlawan.

    BalasHapus
  2. tidak akan ada yang bisa merubah sejarah...

    BalasHapus
  3. Sejarah tinggalah sejarah,walaupun tidak tercatat dalam sejarah tetaplah jaya pelopor resimen.kami bangga memiliki kalian.

    BalasHapus
  4. Sejarah tinggalah sejarah,walaupun tidak tercatat dalam sejarah tetaplah jaya pelopor resimen.kami bangga memiliki kalian.

    BalasHapus
  5. Intinya kita besar bukan karna media..tapi kita besar dan lahir dari sejarah...jayalah selalu brigadr mobile...👏

    BalasHapus
  6. I love brigade mobile...jaya slalu

    BalasHapus
  7. Jaga selalu apa yg sdh dirintis oleh para pendahulu kita...

    BalasHapus
  8. Semoga resimen pelopor dibentuk kembali

    BalasHapus
  9. Semoga resimen pelopor dibentuk kembali

    BalasHapus
  10. Resimen pelopor adalh pasukan elit yg ditakuti lawan, disegani kawan,,,lahir dan besar bukan krn pencitraan media massa, tetapi mengarungi perjalanan sejarah panjang, hingga mencapai puncak kejayaan. Namun ketika berada dipuncak, seiring dgn semakin bertambahx prajurit pelopor yg tangguh dan terlatih yg selesai mengikuti dikpelopor, tak beselang kemudian pasukan ini dibubarkan. Pdhal hiruk pikuk pembentukanx, perjuangan sungguh luar biasa..yg lbh menyedihkan lg, setelh pelopor dibubarkan, brimob dikerdilkan..mulai pelarangan memakai loreng kebanggaan, dilarang melakukan latihan tempur mandiri, struktur kepemimpinan ditingkat pusat dipimpin seorg Kolonel/kombes dan dibawahi oleh samapta Polri. Keadaan ini menjdkan prajurit yg sdh dididik dgn biaya yg besar banyak yg menganggur dan lbh banyak berada didlm kesatriaan. Fenomena ini yg sangat menyakitkan bagi segenap insan bhayangkara khususx Korps Brimob. Namun kami tetap bangga dgn Brimob, sebagai pasukan elit yg setia pd Negara dan tdk pernah melakukan pemberontakan terhdp pemerintah dan negara. jayalah selalu Korps Brimob, Jayalah Pelopor.

    BalasHapus
  11. Pasukan rangers itu memang punya polisi sama seperti pasukan bhayangkara yg pertama dibentuk oleh gajah mada sebetulnya polisi lah saudara tua

    BalasHapus
  12. Pasukan rangers itu memang punya polisi sama seperti pasukan bhayangkara yg pertama dibentuk oleh gajah mada sebetulnya polisi lah saudara tua

    BalasHapus
  13. Saya bangga menjadi bagian dari brigade mobil

    BalasHapus